Waktunya ber Kurban

🔊 Nurul Hayat Bandung juga menyediakan kebutuhan anda untuk beribadah Kurban khusus untuk daerah Bandung dan sekitarnya.

3 Keuntungan Berkurban Di Nurul Hayat Bandung:
✔ Tepat Sasaran : Disalurkan untuk desa miskin.
✔ Murah : Hanya Rp.1.975.000
✔ Akad Jelas : Berat 27 – 35 Kg

Hubungi Kami Sekarang Juga!
👉 08122028600

atau

Datang langsung ke kantor kami:
Yayasan Nurul Hayat
Jln. AHMAD YANI 1005 Bandung 40282

*Melayani juga untuk kirim ke rumah 🚛🚛🚛🚛

*Bonus untuk 500 pemesan pertama:
Al Qur’an terjemah perkata besar atau Boneka “QIQO” si kambing lucu.

Buruan pesan……..

Pelaksanaan Aqiqah Untuk Anak Kembar

Jika ada yang mempunyai anak kembar, bagaimana cara pelaksanaan ibadah aqiqahnya. Apakah bisa digabungkan sekaligus, ataukah harus sendiri – sendiri?

Al-Hafidz Ibnu Hajar mengatakan, “Andaikan ada yang melahirkan anak kembar, maka dianjurkan agar setiap anak disembelihkan kambing. Demikian juga yang disebutkan oleh Imam Ibnu ‘Abdil Barr dari Laits, ia berkata.”Aku tidak mengetahui ada seorang ulama yang menyelisihinya.’ Sedangkan Imam Ibnu Hajar Al-Haitami berkata,’Andaikan ada anak yang lahir kembar kemudian di aqiqahi hanya dengan seekor kambing maka belum memenuhi asal sunnahnya.”

hukum mengaqiqahkan orang tua

Ada dua keadaan yaitu ketika orang tua kita masih hidup atau sudah meninggal.

Aqiqah untuk orang tua boleh hukumnya, untuk orang tua yang masih hidup dan ada izin dari mereka.

Sedangkan bagi orang tua yang sudah meninggal maka hukumnya pun boleh kalau ada wasiat dari mereka. Andaikan mereka tidak berwasiat dalam hal ini lebih baik niatnya adalah untuk bersedekah, dan ini menghasilkan kebaikan bagi umat.

Wallahu a’lam.

aqiqah bandung murah

Banyak kaum muslimin yang belum melaksanakan aqiqah. Beberapa alasannya yaitu biaya.

Hal ini bukanlah suatu alasan untuk tidak melaksanakan ibadah aqiqah, karena banyak penyedia paket paket jasa pelaksanaan aqiqah yang sangat terjangkau.

Khusus untuk kota Bandung dan sekitarnya jasa aqiqah yang terpercaya dan murah harga paketnya yaitu Jasa Aqiqah dari Nurul Hayat Bandung. Lokasi kantornya tepat di seberang terminal bis Cicaheum Bandung.

 

 

 

Menggabungkan Qurban dengan Aqiqah

Apa hukumnya menggabungkan qurban dengan aqiqah?

Tentang masalah menggabungkan ibadah qurban dengan aqiqah ada beberapa pendapat ulama tentang hal ini. Silakan anda pilih dengan mana yang anda yakini.

Pertama mengatakan qurban sesungguhnya juga mencukupi ibadah aqiqah.

Hal ini diriwayatkan dari Imam Ahmad dan Abu Hanifah serta para ulama seperti Hasan Basri, Ibnu Sirin, Qatadah dan lain-lain.

Menurut beliau menggabungkan dua niat dalam satu ibadah yang sejenis maka itu menjadi sah, contoh seseorang yang masuk ke masjid lalu dia niat sholat tahiyatul masjid dan sunnah rawatib maka sah dan mendapatkan pahala keduanya, begitu juga seorang yang melakukan haji tamattu’ ketika menyembelih dam dia meniatkan qurban, maka dia mendapatkan keduanya. Banyak sekali contohnya, termasuk juga sholat ied pada hari Jum’at, maka diperbolehkan tidak sholat Jum’at.

Kedua mengatakan bahwa hal ini menjadi tidak sah.

Pendapat kedua ini datang dari Imam Syafi’i dan Imam Malik, juga merupakan salah satu riwayat dari Imam Ahmad. Alasannya karena keduanya mempunyai tujuan yang berbeda dan sebab yang berbeda, itu mirip dam tamattu’ dan fidyah, maka tidak bisa saling mencukupi dan harus dilaksanakan sendiri-sendiri. Qurban adalah tebusan untuk diri sendiri sedangkan Aqiqah adalah tebusan untuk anak yang lahir, dengan menggabungkan keduanya, akan mengaburkan tujuannya.

Ini berbeda dengan menggabung dua sholat sunnah, karena tahiyatul masjid bukanlah sholat yang menjadi tujuan utama, itu hanya pelengkap masuk masjid sehingga bisa terlaksana bersama dengan sholat lainnya.

Wallahua’lam.

Beda Aqiqah dengan Kurban

Sebelum membahas perbedaan antara aqiqah dan kurban, keduanya mempunyai kesamaan yaitu kedua ibadah ini yakni sama-sama mempunyai hukum sunnah terutama menurut madzhab Syafi’i, serta adanya kegiatan penyembelihan terhadap hewan aqiqah atau kurban yang sehat dan telah memenuhi syarat syar’i untuk dipotong.

Perbedaannya lebih kepada waktu pelaksanaan; aqiqah,aqiqoh atau akikah dilaksanakan pada saat mengiringi kelahiran seorang bayi dan lebih dianjurkan lagi pada hari ketujuh dari kelahirannya, sedangkan kurban hanya dapat dilakukan pada bulan DzulHijjah atau bulan haji saja.

Manfaat Aqiqah

Sesungguhnya syari’at islam yang mulia ini sangat indah sekali, segala hukum-hukumnya dibangun diatas hikmah dan kemaslahatan, hanya saja kadang kita mengetahuinya dan terkadang kita tidak mengetahuinya. Karena, memang para hamba tidak ada kewajiban untuk mengetahui perincian hikmah Allah SWT, namun cukup bagi mereka untuk hanya mengimani, mengilmui secara umum, dan pasrah sepenuhnya, sebab mengetahui perincian hikmah adalah sesuatu yang di luar batas kemampuan akal manusia.

Namun hal ini tidak mencegah seseorang untuk mengetahui hikmah suatu syari’at, karena hal tersebut memiliki beberapa manfaat, diantaranya adalah:

  • Mengetahui ketinggian dan keindahan syari’at Islam karena semua syari’at nya dibangun diatas hikmah.
  • Bisa diqiyaskan kepada hal lain yang semakna.
  • Lebih menentramkan seorang hamba dengan hukum tersebut.
  • Penyemangat untuk menjalankan hukum syari’at.
  • Bisa memberi kepuasan kepada orang lain.
  • Memberi kekuatan ilmu yang matang,
  • Menampakkan makna salah satu nama Allah SWT, yaitu Al-Hakim.

Adapun manfaat aqiqah adalah sebagai berikut:

  1. Pemberitahuan nasab anaknya.
  2. Menumbuhkan sifat dermawan dan membasmi sifat kikir.
  3. Sebagai bentuk syukur kepada Allah, karena memperoleh anak adalah nikmat yang besar.
  4. Menghibur hati si tuan rumah, orang orang miskin, tetangga, para kerabat, dan teman-teman.
  5. Sebagai bentuk ibadah dan taqarrub kepada Allah SWT.

Imam Abdul Qayyim berkata,“Dan diantara faedah dari aqiqah adalah sebagai bentuk taqarrub kepada Allah SWT atas anak yang baru lahir ke dunia.”

« Older Entries